PAVING BLOCK DARI SAMPAH PLASTIK

Plastik merupakan material yang sangat sulit terurai dimana degradasi plastik dengan cara penimbunan memakan waktu yang sangat lama hingga puluhan tahun. Di Indonesia konsumsi plastik juga meningkat dengan cepat. Penggunaan plastik akan terus meningkat karena adanya peningkatan populasi manusia, perkembangan aktivitas serta perubahan kondisi gaya hidup dan sosio-ekonomi masyarakat.
Peningkatan konsumsi ini terutama didorong oleh pertumbuhan industri makanan dan minuman, dimana industri tersebut banyak menggunakan plastik untuk kemasan produknya. Konsumsi plastik ini juga akan mendorong peningkatan jumlah limbah plastik yang dihasilkan. Pada tahun 2015 total jumlah limbahpadat mencapai 64,5 juta ton.Limbah tersebut berasal dari rumah tangga (48%), pasar tradisional (24%), jalan (7,5%), kawasan komersial (9%), sekolah (4%), kantor (6%) dan lainnya (1,5%). Dari total limbah yang dihasilkan tersebut, 14% nya atau sekitar 8,96 juta ton merupakan limbah plastik (Anonim KLHK, 2015). Berbagai masalah dapat ditimbulkan oleh limbah plastik seperti penyumbatan saluran air dan aliran sungai sehingga menyebabkan banjir, penanganan plastik dengan cara dibakar dapat melepaskan gas beracun ke atmosfir, dan lain sebagainya.
Saat ini, dari jumlah limbah plastik yang dihasilkan, hanya sekitar 5-10% yang telah di daur ulang. Daur ulang plastik selain penting untuk mengurangi pencemaran lingkungan juga dapat digunakan untuk mencegah pemborosan sumber daya alam Bahkan daur ulang limbah plastic dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat. Salah satu alternatif daur ulang plastik yang menarik adalah penggunaan limbah plastik sebagai campuran semen untuk menghasilkan komposit semen plastik dan sebagai agregat beton untuk menghasilkan bahan konstruksi. Penggunaan plastik untuk bahan konstruksi dapat meningkatkan elastisitas dan daya tahan serta menurunkan densitas sehingga bahan menjadi lebih ringan. Selain itu penggunaan limbah plastik juga diharapkan dapat menghasilkan bahan konstruksi dengan harga yang lebih murah, serta yang penting lainnya adalah adanya alternatif solusi dalam penangan dan pemanfaatan limbah plastik guna mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Plastik jenis Low Density Polypropylene (LDPE) banyak dipakai untuk membuat tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol yang lembek, tutup plastik, kantong / tas kresek dan plastik tipis lainnya.

 

Salah satu alternatif untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan membuat paving block. Tentunya bahan pembuatan paving ini tidak hanya plastik saja, tetapi juga masih membutuhkan bahan lainnya sebagai pendukung untuk menghasilkan kekuatan, dan tingkat kehalusan hasil akhir. Paving Block merupakan salah satu bahan bangunan yang sudah tidak asing dan hampir semua orang mengetahui apa itu paving block. Bahan bangunan yang satu ini sering dijumpai sebagai perkerasan jalan, pelataran parkir atau pelataran halaman untuk rumah pribadi maupun gedung pemerintahan. Ada beberapa material yang bisa digunakan sebagai bahan baku paving block salah satunya adalah plastik. Plastik merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Botol plastik, kantong plastik, bungkus makanan ringan sangat mudah kita temui bahkan selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu jenis plastik yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku paving block yaitu plastik PET yang memiliki kekuatan mekanik tinggi, transparan, dan bersifat tidak beracun. Plastik PET memiliki kekuatan tarik dan impact yang sangat baik begitu juga dengan ketahanan kimia, clarity, processability, kemampuan warna dan stabilitas termalnya menggunakan sistem press manual dengan bantuan dongkrak tangan, dimana proses ini memakan waktu produksi sedikit lama sedangkan permintaan semakin meningkat. Adanya permasalahan tersebut diperlukan peningkatan dari segi alat produksi sehingga dapat mempercepat produksi dari paving block ini. Salah satu peningkatan alat produksi. Alat ini memiliki beberapa keunggulan dibanding alat sebelumnya, yaitu menggunakan sistem operasi semi otomatis, pelepasan cetakan paving block mudah, dan mempercepat waktu produksi. Dengan adanya mesin press semi otomatis, industri berskala rumah tangga dapat meningkatkan kapasitas, kualitas produksi dan permintaan konsumen yang terus meningkat dapat diatasi.

PROSPEK
Kegiatan pembuatan ini sangat bagus untuk mengurangi sampah plastik yang tidak bisa diurai dengan tanah selama bertahun – tahun.

TANTANGAN
Banyak masyarakat yang sama sekali tidak mau tahu dengan adanya sampah plastik yang sebenarnya bisa dimanfaatkan atau diolah kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *