Tentang Kita

 

 

Kunjungan Menteri Perhubungan di proyek stasiun kereta api bandara Adi Soemarmo Solo.

Ir. Maulana Teguh P, MT sebagai Team Leader Konsultan yang juga merupakan dosen ATWM sedang memberikan keterangan kepada Menteri Perhubungan Karya Sumadi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Studi Banding Fakultas Teknik Mesin Akademi Teknik Warga Surakarta

Studi banding adalah kegiatan yang dilakukan bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk kemajuan lebih baik. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.

Tujuan utama melakukan studi banding nantinya adalah menggali informasi yang bisa didapat secara teknis real dan empiris. Untuk dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk rencana ke depan dalam jangka pendek maupun jangka panjang secara futuristik.

Kegiatan studi banding ke Akademi Teknik Warga Surakarta dapat menjadi masukan dalam proses belajar mengajar, kurikulum maupun laboratorium untuk kegiatan praktikum. Dengan tukar pikiran dapat saling memberi manfaat dan inovasi.


Studi Banding Fakultas Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta

 

Teknik Sipil D3 Universitas Sebelas Maret menjadi tempat studi banding dalam pemantapan kurikulum Teknik Sipil. Fasilitas laboratorium yang ada pada Universitas Sebelas Maret juga menjadi tambahan pengetahuan tentang alat-alat yang digunakan dalam praktikum mahasiswa.

Kegiatan Ekstrakurikuler mahasiswa D3 Teknik Sipil seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, kegiatan olahraga futsal, bola basket, group band, dll.

 

 


 

 

 

Kedekatan antara Dosen dengan Mahasiswa

 

 

Untuk teman-teman yang sudah lulus SMA/SMK/MA segala jurusan atau sudah bekerja, telah hadir di Salatiga Akademi Teknik Wacana Manunggal.

Satu-satunya program studi Teknologi Mesin dan Teknologi Sipil yang ada di Salatiga.

Mari bergabung dan gapai masa depan cerahmu.

 

Lokasi strategis dan terjangkau.

 

 

 

 


 

Penelitian Dosen dengan Tema Pengaruh Dry Lubrication terhadap Keausan Roda Kereta Api

Penelitian atau research berasal dari kata re yang berarti “kembali” dan to search yang berarti mencari. Menurut Moh. Nazir (2005) arti sebenarnya dari research atau riset adalah “mencari kembali” Atau research yang artinya penelitian, penyelidikan (John M. Echols & Hassan Shadily, 1993:480).

Penelitian merupakan salah satu kegiatan tri darma yang dilakukan oleh dosen. Dimana penelitian dilakukan untuk meningkatkan serta menggali ilmu pengetahuan yang menjadi bidang keahlian dosen.

Dosen-dosen Teknik Mesin ATWM melakukan penelitian terhadap keausan roda kereta api dengan inovasi pemberian dry lubrication.

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi keausan yang terjadi pada roda dan rel kereta api. Hasil penelitian diuji dengan foto mikro dan SEM. Dengan penelitian yang berkelanjutan diharapkan dapat menyumbangkan inovasi untuk kemajuan Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Proceeding Seminar Nasional Teknik Sipil

Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

Penelitian dan publikasi merupakan nafas dalam kegiatan dosen selain kegiatan belajar mengajar.

 

Publikasi ilmiah dalam seminar nasional Teknik Sipil ke-8 Universitas Muhammadiyah Surakara diikuti oleh dosen Teknologi Sipil ATWM.

 

Dengan inovasi dan manajemen infrastruktur terbaru untuk mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan. Diharapkan dapat memberikan andil terhadap sistem transportasi yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 Pengujian SEM pada Material Paduan

Hasil Penelitian Keausan

 

Kondisi permukaan suatu benda dapat menunjukkan adanya keausan yang terjadi. Namun, dalam pemeriksaan tanpa alat bantu tidak banyak data penelitian yang dapat diperoleh.

Scanning Electron Microscope (SEM) adalah sebuah mikroskop elektron yang didesain untuk menyelidiki permukaan dari objek solid secara langsung.  Scanning Electron Microscopy (SEM) digunakan untuk mengamati detil permukaan struktur mikroskopik logam dan  menampilkan pengamatan obyek secara tiga dimensi. Prinsip kerja SEM adalah elektron yang menggambarkan sampel dengan memindai seberkas elektron dalam pola scan raster. Elektron berinteraksi dengan atom yang menyusun sampel yang menghasilkan sinyal yang berisi informasi tentang topografi permukaan sampel, komposisi dan sifat – sifat lainnya seperti konduktivitas listrik. 

Keausan material paduan pada penelitian dosen teknik mesin ATWM diuji dengan cara SEM. Dengan pengujian SEM struktur mikro material paduan akan dapat terlihat dengan pembesaran 1000x. Jenis material yang digunakan juga dapat dibedakan dari bentuk struktur mikro.